Kamis, 06 Februari 2014

radiation in everywhere...


1. Kacang Brazil
Kacang brazil adalah salah satu dari makanan yang paling radioaktif di dunia. Jagan coba2 makan kacang ini berlebihan jika tidak limbah yang anda keluarkan dari tubuh anda akan menjadi sumber radioaktif yang cukup extreme. Alasan kacang ini bersifat radioaktif karena akar pohon kacang brazil ini tumbuh sangat dalam dan menyerap sumber radioaktif dari uranium yang di dalam tanah.


2. Detektor asap

Detektor asap memang sengaja diberikan material radioactive amersium-241, fungsinya adalah sebagai peng-ion pada bagian tedektornya (dalam bentuk alpha), molekul udara pada bagian detektor itu akan terionisasi dan memungkinkan bagi muatan listrik untuk melewati kedua elektroda. Jika ada asap masuk ke dalam detektor tersebut maka proses ionisasi tergangu dan muatan listrik tdk dapat melewati elektroda dan pada saat itulah alarm pada detektor berbunyi.
3. Tanda keluar
Jika anda jalan2 ke mall atau kerja di kantor pasti sering liat tanda yang bersinar ini di dekat pintu darurat. Tanda ini didesain untuk memberi petunjuk keluar kepada pengunjung gedung pada saat darurat, makanya tanda ini bisa bersinar tanpa sumber listrik, sangat jelas bahwa semua orang pada gedung tersebut dapat terjebak pada kegelapan disaat darurat. Jadi bagaimana tanda ini dapat bersinar? Baterai tahan lama?. Tentu saja tidak, cahaya yang dihasilkan pada tanda ini berasal dari sampel radioaktif hidrogen yang bernama tritium pada benda tersebut. Sayangnya jika tanda ini pecah radioaktif ini dapat menyebar dan mencemari gedung tersebut.

4. Tempat kotoran kucing
Faktanya tempat berak kucing ini bisa menjadi sumber yang menjijikan pada rumah anda dan juga... radiasi radioaktif. Karena kebanyakan wadah ini terbuat dari tanah liat betonit, sejenis tanah liat yang dapat menyerap bau urin dan kotoran kucing, dan wadah ini juga memberi jejak radioaktif alami pada kotoran kucing anda (uranium dan thorium). Parahnya berton2 kotoran ini dibuang begitu saja ketanah setiap tahun. Ada ancaman bahaya radioaktif yang akhirnya mencemari air tanah kita.

5. Pisang
Pisang?, iya seperti kacang brazil, pisang memiliki jumlah radioaktif yang cukup sedikit. Mirip sepert kacang brazil tapi pisang memiliki isotope potassium-40. Kandungan radioaktif pada pisang ini sebanyak 0.01% dari potassium yang ada, jadi agan masih aman untuk makan pisang. Kecuali agan makan pisang satu truk baru deh kerasa efek radiasinya . Bagaimanapun radiasi pisang masih terdeteksi oleh geiger counter sebanyak 0.078 μSv.

6. Dapur granit

Jadi, jangan katakan saya membuat anda takut untuk makan pisang dan kacang brazil. Eitss...jika anda punya dapur granit itu bisa menjadi sumber radioaktif . Dan kemungkinan peralatan dapur agan mungkin sudah tercemar radiasi. Seperti stasiun Grand Central di New York, agan pasti tahu mengapa: karena granit memiliki kemampuan untuk menyimpan radioaktif alami.

7. Rokok

Rokok nah lo! , untuk saya gk ngerokok yah . Kebanyakan rokok mengandung radioaktif seperti polonium-210 (jenis radioaktif yang digunakan untuk membunuh Alexander Litivinenko) dan lead-210. Material ini ada pada tembakau dan meskipun sudah diproses material radioaktif ini masih ada di rokok. Saat rokok dihidupkan maka material ini menguap dan dihisap oleh perokok tersebut dan orang2 disekitarnya . Meskipun material ini sedikit, material ini dapat menumpuk di organ2 para perokok pasif dan aktif (perokok menengah hingga berat) dan bisa menyebabkan KANKER! STOP MEROKOK SEKARANG JUGA!!!

8. Guci tua, porselen, kerajinan kaca
Sangat manis sekali ya melihat vas2 dan guci milik peningalan nenek, tapi jangan tertipu: langsung jual/menyingkirkannya sekarang juga! Banyak gerabah tua yang diproduksi sebelum 1960 memiliki warna oranye atau merah yang memiliki kandungan uranium yang tinggi. Kerajinan kaca antik yang memiliki warna kehijauan juga memiliki kandungan uranium yang cukup tinggi. Sangat tidak disarankan memakai porselen/gerabah tua sebagai wadah menyimpan air, karena selain mengandung radioaktif wadah tersebut memiliki kandungan logam berat yang cukup berbahaya.

9. Kertas mengkilap pada sampul buku















Jika produsen majalah atau buku ingin mengamburkan uangnya, mungkin mereka mulai memasang kertas mengkilap pada sampulnya, soalnya kelihatan rapi dan menarik pembeli . Bagaimanapun untuk membuat kertas terlihat mengkilap diperlukan kaoiln, sejenis tanah liat putih. Seperti tanah liat yang digunakan sebagai tempat berak kucing, tanah liat ini juga dapat menyimpan kandungan radioaktif seperti uranium dan thorium. Tanah liat ini juga dipakai sebagai penyedap makanan sebagai "over-the-counter drugs"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar